Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan Penyebab Asam Lambung – Rasa mulas, terbakar dan sensasi tidak menyenangkan pada lambung dan tenggorokan  yang terjadi sebagai akibat dari asam lambung ke kerongkongan meluap. Umumnya penyakit asam lambung ini muncul disebabkan oleh faktor makanan yang masuk dalam tubuh, seprti kurang atau lebih dalam konsumsi makanan, mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dsb.

Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan Penyebab Asam Lambung

Beberapa jenis Makanan Penyebab Asam Lambung dan minuman dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan merangsang produksi asam di lambung.

  • Makanan Penyebab Asam Lambung Buah jeruk, lemon, anggur, tomat, cranberry, mangga asam, strawbery dan buah yang mengandung rasa asam yang tinggi dapat merangsang produksi asam di lambung dengan cepat, ditambah jika seseorang memiliki riwayat penyakit maag.
  • Tak hanya buah saja yang dapat mengakibatkan produksi asam di lambung meningkat, adapula jenis sayuran yang memicu produksi asam berlebih di lambung, seperti bawang putih, bawang yang dimasak setengah matang. kol, daun bawang dsb.
  • Susu yang mengandung unsur krim, susu kocok, yogurt juga dapat menyebabkan produksi asam di lambung meningkat.
  • Makanan Penyebab Asam Lambung yang memiliki rasa sensasi pedas dan asam umumnya cepat memicu peningkatan asam di lambung, ketika zat asam yang berasal dari makanan masuk ke dalam lambung dan produksi asam di lambung sedang meningkat, hal ini akan menuai reaksi pada produksi asam lambung yang semakin meningkat tajam.

Kejadian dari terjadinya aliran balik dari isi lambung menuju ke kerongkongan terkadang sesekali bisa dialami oleh seseorang dan yang paling sering terjadi adalah setelah makan. Namun biasanya kondisi yang seperti ini akan terjadi dengan berulang kali yang pada akhirnya akan menimbulkan suat tanda serta juga gejala jenis tertentu maka digolongkan sebagai penyakit refluks gastroestrofagus atau GERD. Asam lambung yang naik bisa disebabkan karena lemahnya dan juga tidak berfungsi dengan baik katup yang menjadi pembatas dari kerongkongan dan juga lambung. Dan dalam keadaan yang normal, maka katup ini bisa berfungsi dalam mengatur dan juga mengunci supaya makanan bisa masuk ke lambung agar tidak keluar lagi menuju ke kerongkongan. Tekanan tinggi yang terjadi dari produksi asam lambung yang berlebihan ini juga bisa menjadi salah ssatu penyebab asam lambung naik. Dan selain itu juga kelainan anatomi yang terjadi misalnya seperti kelainan pada gerakan usus bisa juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik menuju ke kerongkongan.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala asam lambung naik bisa ditandai dengan rasa terbakar pada dada, sendawa, perut kembung, mual dan muntah, nyeri yang terasa pada ulu hati, mengalami batuk kronis, suara serak, mengalami radang tenggorokan, rasa nyeri pada dada, mengalami erosi pada gigi, serta nafsu makan yang menurun, tersedak dan mengalami kesulitan disaat akan menelan makanan.

Hal yang harus dilakukan dalam mencegah terjadinya masalah penyakit asam lambung adalah menghindari penyebab asam lambung itu terjadi. Salah satunya adalah dengan menghindari jenis makanan yang asam dalam membantu mencegah keadaan seperti ini trjadi. Bahkan pada makanan yang digoreng dan juga lemak yang harus dicegah dan tidak dikonsumsi. Jenis makanan yang seperti ini akan menyebabkan gejala semakin lebih parah yang bisa membuat sistem pernapasan menjadi berpengaruh. Bahkan pada jenis makanan seperti cokelat dianggap juga sebagai salah satu pantangan bagi seseorang dengan masalah penyakit asam lambung karena jenis makanan ini mempunyai rasa asam yang sangat tinggi.

Selain itu, jika berdasarkan diagnosa yang ditegakkan dan Anda divonis menderita penyakit asam lambung, maka hal yang dilakukan adalah dengan cara mengubah pola diet Anda. Sebaiknya hindari jenis makanan seperti buah jeruk buah tomat karena jenis buah ini merupakan buah dengan kandungan asam yang tinggi. Selain itu, hindari juga dengan makanan yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, lada merah dan juga lada hitam, serta bubuk cabai yang bisa menjadi penyebab kondisi lebih parah pada penyakit asam lambung. Dan jahe merupakan salah satu obat alami untuk membantu menurunkan asam lambung tinggi.

Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, ada salah satu jenis obat yang diberikan dokter dalam membantu menurunkan asam lambung tinggi yakni adalah obat antasid dan antagonis receptor H2 yang mempunyai fungsi dalam membantu mentralkan asam lambung tinggi serta membantu menghambat produksi dari asam lambung. Selain itu, obat penghambat pompa proton juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit refluks gastroesofagus. Jenis golongan dari penghambat pompa proton adalah salah satu jenis obat yang juga sering diresepkan. Obat ini memang sudah terbukti sangat efektif dibandingkan dengan obat antagonis reseptor H2 untuk membantu terapi kelainan asam lambung.

Obat penghambat pompa proton ini juga bisa membantu dalam mengurangi gejala sekitar pada 83% pasien penderita refluks gastroesofagus dan membantu mengobati masalah esofagitis erosif yang terjadi sebanyak 73%. Obat jenis golongan ini diantaranya adalah seperti pantropazole, ezomeprazole, omeprazole, reberprazole, dan lansoprazole.

Selain itu, cara yang bisa dilakukan dalam mencegah terjadinya penyakit asam lambung adalah dengan tidak merokok. Merokok bukan hanya membuat paru-paru menjadi rusak. Namun juga pada semua organ tubuh dalam. Dan salah satunya adalah lamubung. Oleh sebab itulah mulailah menghindari kebiasaan dari merokok.

Makanan Penyebab Asam Lambung


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asam Lambung and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>