Penyebab Asam Lambung Berlebih

Penyebab Asam Lambung Berlebih – Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan organ pencernaan manusia. Asam lambung dapat membantu memproses penguraian makanan agar makanan mudah diserap dan diolah oleh tubuh.

Penyebab Asam Lambung Berlebih

Penyebab Asam Lambung Berlebih

Penyebab Asam Lambung Berlebih

Penyebab asam lambung berlebih dan naik terjadi akibat melemahnya atau tidak berfungsi asam lambung yang berlebih di dalam lambung. Dalam keadaan normal, katup yang terdapat di lambung berfungsi sebagai pengatur dan pengunci makanan yang masuk ke lambung.

Tekanan tinggi akibat produksi asam lambung yang berlebihan menjadi faktor utama penyebab sakit maag. Asam lambung yang berlebih dapat dirasakan hingga ke mulut atas. Penderita asam lambung yang asam lambungnya berlebih dapat merasakan gejala seperti perut kembung, rasa mual ingin muntah, sakit kepala, nafsu makan yang menurun, keluarnya keringat dingin, dan rasa sakit yang melilit pada bagian perut bawah.

Adapula Penyebab Asam Lambung Berlebih lainnya yang menyebabkan asam lambung meningkat antara lain makanan seerti cokelat, kopi, alkohol, makanan pedas, asam dan berlemak tinggi serta efek samping dari penggunaan obat-obatan pereda sakit maag yang sering dikonsumsi.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Hal yang dapat dilakukan untuk meredakan atau mengendalikan produksi asam lambung adalah :

  • Menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung seperti cokelat, kopi, teh, makanan berlemak, makanan asam, makanan pedas, bawang merah, bawang putih dan alkohol
  • Jangan makan terlalu kenyang dan jangan berbaring setelah makan. Tunggu paling tidak dua hingga tiga jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur. Hindari makan larut malam.
  • Jangan merokok. Merokok dapat merangsang asam lambung dan menurunkan kemampuan katup pembatas kerongkongan dengan lambung untuk berfungsi dengan benar.
  • Menghindari obat-obatan yang dapat menurunkan tekanan katup pembatas kerongkongan dengan lambung seperti kafein, acetylsalicylic acid dan theophylline.

Penyebab asam lambung berlebih bisa disebabkan karena LES (Lower esophageal sphincter) yang tida melakukan fungsinya dengan baik. LES merupakan salah satu bentuk lingkaran otot yang ada pada bagian bawah esofagus yang sangat berfungsi untuk membantu menjaga pintu gerbang. Disaat Anda sedang makan, maka otot LES ini akan lebih rileks dan kemudian membiarkan makanan masuk ke dalam perut Anda. Kemudian setelah makanan tersebut lewat, maka otot LES tadi akan menjadi lebih tegang dan setelah itu menutup supaya asam lambung dan jenis makanan tidak naik lagi dan kemudian perut ke esofagus atau juga ke kerongkongan.

Untuk LES pada mereka yang menderita penyakit maag atau asam lambung melemah, hal ini akan mengakibatkan asam lambung mengalami kebocoran dan bisa masuk ke dalam esofagus. Maka hal ini akan menyebabkan penderita merasakan nyeri pada ulu hati atau munculnya rasa sensasi seperti terbakar pada bagian dada dan perut yang pada akhirnya akan menyebabkan perut menjadi kurang enak. Dibawah ini ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab asam lambung berlebih adalah :

  1. Mengonsumsi jenis makanan yang besar dan juga langsung berbaring setelah makan
  2. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Mengonsumsi jenis makanan yang berat dan juga berbaring dengan posisi terlentang dan membungkuk pada pinggang
  4. Ngemil disaat waktu akan menjelang tidur
  5. Mengonsumsi jenis makanan seperti jenis makanan tomat, buah jeruk, cokelat, mint, bawang putih, bawang dan juga jenis makanan yang pedas dan mengandung lemak berlebihan
  6. Minum minuman jenis tertentu yang bisa menyebabkan terjadinya kenaikan pada asam lambung, misalnya adalah seperti minuman yang mengandung alkohol, minuman yang berkarbonasi, kopi dan juga teh
  7. Merokok
  8. Sedang dalam keadaan hamil
  9. Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti aspirin, ibuprofen, otot reaxers jenis tertentu, dan juga obat tekanan darah.

Gejala Asam Lambung

Gejala penyakit asam lambung adalah :

  1. Perut akan terasa lebih kenyang dan terbakar atau merasa tidak nyaman yang mungkin akan bergerak dari perut Nada ke perut bagian dada dan bahkan juga mencapai ke tenggorokan.
  2. Mengalami regurgitasi atau backing asam atau juga rasa pahit yang terasa pada mulut serta kerongkongan.
  3. Perut kembung
  4. Tinja yang berdarah atau juga berwarna hitam dan mengalami muntah darah
  5. Tahak atau bersendawa
  6. Mengalami disfagia atau terjadinya penyempitan di dalam kerongkongan Anda yang pada akhirnya menciptakan suatu sensasi makanan yang terjebak di dalam tenggorokan
  7. Mengalami cegukan yang tidak bisa keluar
  8. Perut terasa mual

Penanganan pada penyakit asam lambung bertujuan untuk membantu menghilangkan nyeri tukak lambung, membantu mengobati tukak, mencegah terjadinya penyakit asam lambung menjadi kambuh lagi dan juga mencegah terjadinya komplikasi yang bisa lebih serius lagi. Jika suatu pemeriksaan di dalam lambung pasien biasanya akan ditemukan adanya suatu bakteri yang selanjutnya dilakukan dengan pengobatan pemberian obat antibiotik.

Manfaat dari obat-obatan ini adalah :

  1. Membantu mengurangi produksi dari asam lambung
  2. Membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan
  3. Membantu memberikan perlindungan pada daerah mukosa lambung
  4. Membantu membunuh mikroorganisme jenis H. Pylori yang menjadi penyebab terjadinya penyakit asam lambung naik.

Itulah informasi mengenai penyebab asam lambung berlebih. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Penyebab Asam Lambung Berlebih


=====================================

>>> Penyebab Asam Lambung Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asam Lambung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *