Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya – Penyebab asam lambung timbul akibat sering menunda makan, mengunyah makanan masih dalam bentuk kasar, seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung selera pedas, asam, dan asin berlebih. Selain itu seringnya mengonsumsi kopi, minuman soft drink.

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung

Asam lambung memiliki pH keseimbangan untuk membantu menjalankan fungsi lambung, pH normal dalam asam lambung adalah 2.0 bila kadar asam lambung dibawah angka normal maka lambung tidak akan maksimal dalam mencerna dan memproses makanan. Bila asam lambung semakin tinggi maka akan timbul sakit maag yang merupakan penyakit yang banyak diderita orang hampir diseluruh dunia.

Untuk mengatasi penyebab asam lambung, mulai dengan mengatur pola makan yang seimbang, menghindari makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung semakin tinggi.

Berikut ini ada Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya, antara lain :

  1. Tidur menyamping
    Tidur dengan posisi menyamping baik ke sisi kiri atau kanan untuk mengurangi rasa sakit akibat asam lambung.
  1. Makan dalam potongan kecil
    Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya Makan dalam bentuk potongan kecil agar sari-sari makanan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Cobalah mulai saat ini makan dengan potongan kecil agar mudah dikunyah dan makanan lebih mudah diserap oleh tubuh.
  1. Mengunyah permen karet
    Menurut beberapa pendapat, Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya dengan mengunyah permen karet. Selain dapat mengatasi asam lambung, permen karet juga dapat meringankan sakit maag. Dengan mengunyah permen karet, air liur yang memiliki sifat alkali dapat membantu menetralkan asam lambung.
  1. Menghindari makanan yang dapat menimbulkan kenaikan asam lambung
    Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas terlalu banyak serat seperti nangka, pisang ambon, buah yang mengandung asam seperti nanas, kedondong, mangga muda. Selain jenis makanan, adapula jenis minuman yang dapat menimbulkan asam lambung seperti kopi, minuman berkarbonasi seperti soft drink, minuman alkohol, anggur putih dsb.

Kondisi lambung yang sehat adalah lambung yang tidak mengalami masalah iritasi atau peradangan. Artinya disini adalah cairan dari lambung dengan kandungan mukus adalah salah satu pelindung lambung. Dan sebaliknya adalah lambung yang kurang sehat merupakan lambung yang mengalami peradangan atau juga iritasi sehingga akan menimbulkan gejala rasa sakit disaat sedang mencerna jenis makanan tertentu. Disaat asam lambung mengalami kenaikan, maka cairan di dalam lambuung akan mengalami suatu reflux atau mengalami pengaliran menuju ke kerongkongan. Keadaan yang seperti ini dikenal dengan asam lambung anik. Penyakit maag dengan penyakit asam lambung memang sama penyebabnya karena naiknya asam lambung atau terjadinya kenaikan asam lambung. Namun pada penyakit asam lambung biasanya ditandai dengan suatu tanda rasa terbakar pada bagian dada. Karena cairan di dalam lambung yang naik bukan hanya sampai menuju ke kerongkongan, namun bisa sampai menuju ke mulut juga. Sedangkan pada penyakit maag atau iritasi yang terjadi pada lambung, namun hal ini biasanya hanya terjadi pada lambung dan juga organ serta saluran cerna atas pada bagian perut.

Gejala Asam Lambung Naik

Dibawah ini gejala penyakit asam lambung naik adalah :

  1. Rasa terbakar pada perut, rasa terbakar ini bukan hanya sampai pada perut saja dan pada umumnya penderita akan mengalami rasa terbakar pada bagian dada juga.
  2. Perut kembung yang disertai dengan rasa mual dan juga muntah. Gejala yang seperti ini biasanya diakibatkan karena pada penderita biasanya mereka merasakan nyeri yang terasa dibagian lambung yang bisa menyebabkan munculnya rasa mual atau bahkan juga muntah
  3. Bersendawa yang merupakan salah satu tanda atau gejala dari asam lambung
  4. Mulut yang akan terasa pahit, jika kadar pada asam lambung sedang dalam keadaan tidak normal yang pada akhirnya menimbulkan rasa pahit. Hal ini bisa terjadi karena zat asam yang mengalami penyebaran pada bagian tenggorokan, dan pada bagian belakang yang bisa menyebabkan terjadinya rasa mulut pahit bahkan juga ada yang mengalami tersedak akibat hal tersebut.
  5. Biasanya penderita akan merasakan kesulitan disaat menelan makanan
  6. Meningkatnya jumlah dari produksi air liur. Hal ini adalah salah satu gejala dari refluks asam yang biasanya terjadi karena pada tubuh sedang mencuci iritaan yang biasanya berasal dari dalam perut.

Mencegah Asam Lambung Naik

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mencegah terjadinya penyebab asam lambung adalah :

  1. Pola makan yang teratur karena hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting yang bisa membantu memelihara pola hidup sehat karena dengan cara seperti itu maka sistem pencernaan juga akan bekerja dengan lebih baik lagi dan bisa bekerja dengan maksimal.
  2. Membiasakan mulut untuk mengunyah makanan lebih lama sebanyak 32 kali sehingga disaat mulut akan mencerna makanan maka makanan dalam keadaan lembut.
  3. Menghindari jenis makanan yang bisa menjadi pemicu terjadinya asam lambung naik.
  4. Mengonsumsi susu kedelai yang merupakan susu alami sangat baik bagi kesehatan lambung Anda. Susu juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu menetralisir asam lambung tinggi karena kandungan asam lambung tinggi yang sangat berguna sebagai antasida.

Itulah informasi mengenai penyebab asam lambung dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengatasinya


=====================================

>>> Penyebab Asam Lambung Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asam Lambung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *