Penyebab Asam Lambung Tinggi

Penyebab Asam Lambung Tinggi – Asam lambung memiliki peranan yang cukup penting dalam fungsi pencernaan. Asam lambung merupakan zat yang diproduksi oleh organ lambung yang berfungsi sebagai pembantu dalam mengurai makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Namun jika sumber makanan yang masuk dalam lambung sulit dicerna atau melukai lambung maka asam lambung akan meningkatkan prodktivitasnya sehingga menyebabkan rasa nyeri pada lambung dan ulu hati.

Penyebab Asam Lambung Tinggi

Penyebab Asam Lambung Tinggi

Penyebab Asam Lambung Tinggi

Lambung memiliki lapisan pelindung, namun apabila asam lambung yang terjadi di luar lapisan pelindung tentunya mengakibatkan hal yang sangat fatal pada kinerja lambung sebagai pengurai dan penyerap makanan yang masuk dalam tubuh.

Salah satu ciri dari penyakit asam lambung yang sering terjadi adalah asam lambung keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan, menyisakan rasa asam di tenggorokan, kemudian turun kembali hingga ke ulu hati dan menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, mengatakan bahwa penyakit asam lambung ini muncul akibat naiknya asam lambung dan penyakit ini terjadi karena adanya lairan balik isi lambung ke atas yang disebut dengan Gastro Esphageal.

Penyebab Asam Lambung Tinggi ini muncul akibat meningkatnya produksi asam lambung dalam organ lambung, dan Penyebab Asam Lambung Tinggi adanya aliran balik isi lambung ke atas. Dalam sebuah proses pencernaan makanan dan sumber lainnya yang masuk ke lambung, makanan akan terlebih dahulu mausk dari mulut harus melewati saluran esophagus atau kerongkongan.

Panjangnya kerongkongan tidak hanya sebatas pada tenggorokan saja, namun sampai pada bagian dada sebelum menuju ke lambung. Penyakit asam lambung akibat naiknya produksi asam lambung yang disebut dengan Gastro Esophageal reflux disesase (GERD). Dalam GERD, makanan dan cairan yang sudak masuk ke dalam lambung kemudian akan dikembalikan ke kerongkongan dan kembali lagi ke lambung kemudian teruskan kembali ke organ pencernaan lainnya, seperti usus.  

Ciri umum dari seseorang yang terkena asam lambung adalah merasakan perih yang cukup menyakitkan pada bagian lambung dan ulu hati, karena rasa nyeri yang begitu menyakitkan inilah terkadang penderita asam lambung sering mengalami mual-mual, muntah-muntah dengan meninggalkan rasa asam di lidah dan tenggorokan, bahkan sampai muntah kering menguras habis seluruh isi lambung, setelah makanan dan rasa asam lambung ini keluar, perut akan terasa sakit dan mengempis.

Penyebab asam lambung tinggi juga bisa disebabkan karena makanan yang kita konsumsi dalam sehari-hari. Makanan yang kita makan akan masuk ke dalam lambuung lewat saluran yang sempit yang lebih dikenal dengan istilah kerongkongan. Dan pada bagian tubuh misalnya seperti lambung dengan lapisan dinding yang disebut dinding lambung yang bisa menghasilkan cairan yang disebut dengan asam lambung. Asam lambung ini kemudian bisa naik atau juga bahkan bisa turun akibat dari pengaruh kadar lemak yang ada di dalam protein makanan yang Anda makan tadi. Dan semakin tinggi kadar lemak di dalam makanan tersebut maka akan menyebabkan pH asam semakin tinggi pula. Pada lambung, derajat dari keasaman yang paling maksimal dari toleransi asam lambung yakni adalah kadar pH 1,5-3,5 (asam) yang juga terdiri dari HCI asam hidroklorida, KCl Kalium klorida dan juga NaCI natrium klorida, yang jika lebih rendah maka akan mengakibatkan terjadinya asam lambung tidak bisa dalam menghasilkan enzim protein yang akan dicerna.

Asam lambung yang ada di dalam tubuh mempunyai fungsi untuk membantu membunuh bakteri penyakit yang masuk lewat makanan yang kita konsumsi. Kemudian tugas dan peran dari asam lambung adalah membantu dalam membuat kadar zat gula dalam keadaan stabil yang asalnya dari penguraian yang sebelumnya serta bisa membantu dalam merangsang produksi dari enzi untuk mencernai protein. Karena fungsi itulah yang membuat makanan semuanya harus masuk ke dalam tubuh dan langsung harus bersentuhan dengan asam lambung.

Gejala Asam Lambung Tinggi

Gejala umum yang terjadi pada penyakit asam lambung adalah rasa perih yang luar biasa pada lambung. Akibat nyeri tersebut maka biasanya penderita akan mengalami mual dan muntah kering yang kadang pada akhirnya menyebabkan tenggorokan dan juga mulut akan terasa lebih perih dan juga lebih panas. Dan selain itu juga akan terasa lebih panas seperti rasa terbakar. Terkadang, nyeri yang seperti ini juga dirasakan seperti tekanan, sehingga bisa disalah artikan sebagai nyeri jantung atau yang dikenal dengan serangan jantung. Gejala yang seperti ini biasanya dirasakan oleh penderita setelah mereka makan di saat mereka akan tidur. Gejala lainnya yang terjadi adalah susah menelan, sering bersendawa, perut kembung, batu kronis dan juga mengalami radang tenggorokan.

Biasanya tiap orang mempunyai tingkat sensitivitas yang berbeda pada asam lambung mereka masing-masing. Semua tergantung dari pola makan dan juga dari pola hidup. GERD merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak mengenal kelompok usia dan bisa saja menyerang siapapun. Namun, paling banyak penderita asam lambung ini adalah mereka yang berusia antara 30-40 tahuunan. Dan seiring dengan pertambahan usia maka produksi dari air liur atau saliva akan membantu dalam menetralkan kadar pH pada esofagus atau kerongkongan yang lama kelamaan juga akan semakin berkurang.

Itulah informasi mengenai penyakit asam lambung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Penyebab Asam Lambung Tinggi


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asam Lambung and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>