Penyebab Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung – Makanan masuk ke lambung melalui saluran sempit yang disebut dengan kerongkongan. Dinding lambung memproduksi cairan yang disebut asam lambung. Naik dan turunnya keasaman asam lambung juga dapat diperngaruhi oleh kadar lemak yang terdapat pada protein yang masuk. Semakin tinggi lemaknya, semakin rendah pH nya atau semakin asam. Derajat keasaman maksimal yang dapat ditoleransi oleh asam lambung adalah pH 2.0 dibawah pH 2.0 asam lambung justru tidak bisa memproduksi enzim pencerna protein.

 Penyebab Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung

Asam Lambung Naik

Asam lambung berfungsi mematikan bakteri penyakit yang terbawa masuk bersama makanan, menstabilkan zat gula dari penguraian sebelumnya dan merangsang produksi enzim pencerna protein. Oleh sebab itu semua makanan harus bersentuhan dengan asam lambung.

Dalam kondisi normal, konsentrasi asam dan aktivitas enzim pada lambung akan meningkat dan mencapai puncaknya maksimal setiap 4 jam setelah makan dan kemudian menurun pada jam berikutnya. Makanan yang tertahan lebih dari 4 jam di lambung akan menurunkan fungsi asam lambung, sehingga sebagian makanan ada yang tidak tersentuh asam lambung. Lamanya lambung menahan setiap jenis makanan berbeda-beda. Makanan tinggi zat pati umumnya sekitar 3 jam, tinggi protein sekitar 4 jam dan tinggi lemak sekitar 6 jam.

Lambung dalah organ lentur yang mudah memuai ke bawah jika kepenuhan. Volume makanan yang ideal untuk lambung manusia dewasa rata-rata seperempat liter. Toleransi muai lambung bisa mencapai satu setengah liter dengan konsekuensi elastisitas otot perut akan menurun dan perut menjadi kendur. Terlalu banyak makanan dalam lambung juga dapat mengakibatkan sebagian makanan tidak tersentuh asam lambung.

Asam lambung selain mengasamkan makanan juga berfungsi membunuh kuman penyakit yang masuk bersama makanan. Enzim berfungsi memecah makanan menjadi sari-sari makanan agar dapat diserap oleh darah.

Penyebab asam lambung lebih sering disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan penyakit maag. Sakti maag merupakan gangguan di lambung yang menimbulkan rasa tidak enak, biasanya di ulu hati, disertai perut kembung, perih dan bahkan sampai mual. Terjadinya gangguan di lambung disebabkan tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Tidak jarang, asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam. Sakit maag kerap juga disebut radang lambung dapat menyerang tiap orang segala usia.

Penyebab Asam Lambung yang berlebihan dapat membuat lambung terasa nyeri, perih dan kembung. Lama-kelamaan, hal ini dapat menimbulkan luka di dinding lambung. Asam lambung yang lebih sering disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung rasa asam, makanan dengan rasa pedas dan konsumsi minuman seperti soft drink.

Penyebab asam lambung tinggi bisa disebabkan kakrena penyakit refluks asam yang merupakan suatu bentuk kelainan perut yang disebut dengan istilah hernia hiatus. Hal ini biasnaya terjadi disaat pada bagian atas perut dan juga LES yang bergerak menuju ke atas diafragma, otot yang bisa memisahkan perut Anda dan juga pada dada Anda. Dan biasanya pada diafragma akan membantu dalam menjaga daerah asam yang ada di dalam perut kita. Namun jika Anda mempunyai masalah penyakit hernia hiatus, maka asam akan naik menuju ke kerongkongan yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya gejala penyakit refluks asam.

Makanan Penyebab Asam Lambung

Selain itu, penyebab asam lambung ini bisa juga disebabkan kerena beberapa jenis makanan seperti dibawah ini :

  1. Kafein
    Di pagi hari biasanya mungkin Anda sering ngopi, minumn teh dan minum minuman bersoda yang merupakan salah satu jenis minuman dengan kandungan kafein di dalamnya. Biasanya kafein sering menimbulkan masalah tertentu. Oleh sebab itulah sangat baik sekali dalam membatasi asupan yang berasal dari minuman dengan kandungan kafein dalam setiap harinya.
  2. Cokelat
    Makanan seperti cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik. Makanan seperti cokelat akan memicu relaksasi pada otot diantara lambung tinggi dan juga kerongkongan sehingga asam lambung akan naik dan bisa kembali menuju ke kerongkongan.
  3. Minuman bergas atau berkarbonasi
    Minuman yang berkarbon merupakan salah satu jenis minuman yang akan memicu terjadinya distensi dari lambung yang tinggi, dan seperti halnya bisa memicu dari naiknya asam lambung tinggi sebaiknya mulailah mengurangi asupan makanan tersebut.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung yang mengalir balik menuju ke kerongkongan akan menyebabkan terjadinya iritasi pada lapisan di daerah kerongkongan yang bisa menyebabkan terjadinya radang kerongkongan atau yang disebut dengan esofagitis. Dan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan terjadinya peradangan, pendarahan, serta penyempitan kerongkongan yang bahkan bisa menyebabkan terjadinya masalah kanker kerongkongan. Cara mengatasi penyakit asam lambung atau tukak lambung adalah :

  1. Disaat sedang tidur, maka sebaiknya naikkan kepala disaat sedang tidur, Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangganya.
  2. Menghindari jenis makanan dan minuman penyebab asam lambung.
  3. Jangan makan terlalu kenyang dan sebaiknya jangan berbaring setelah selesai makan
  4. Jangan merokok dan minuman yang mengandung alkohol

Asam lambung dapat disembuhkan dengan mengubah pola hidup dan rajin berkonsultasi pada dokter. Selain itu menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. Makanan dan minuman yang perlu dihindari adalah kopi, makanan pedas, garam berlebih, makanan dengan rasa asam seperti soto yang menggunakan jeruk nipis.

 Penyebab Asam Lambung


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asam Lambung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.